Ini Kriteria Penampungan Air yang Tepat untuk Rumah Tangga

Menggunakan tangki penampungan air di rumah memang sangat vital sebagai sumber air bersih sehari-hari. Biasanya air yang berasal dari pompa air akan disalurkan ke penampungan untuk digunakan selam seharian sesuai dengan keperluan. Untuk beberapa wilayah di Indonesia memang mengadakan penampungan air sudah menjadi keharusan karena memberikan kemudahan dalam menyimpan dan mengontrol ketersediaan air. Untuk skala industri dan bisnis, kebutuhan air memang lebih banyak sehingga penampungan air untuk rumah tangga cenderung lebih kecil. Anda bisa mencari penampungan air stainless untuk pilihan yang lebih baik karena banyak keunggulannya dibandingkan dengan penampungan air dari plastik. Beberapa produsen penampungan air di Indonesia memberikan banyak pilihan mulai dari segi ukuran dan harga. Pemilihan penampungan air stainless dikira lebih awet dan juga mudah dibersihkan. Material tangki penampungan air stainless memiliki kualitas yang baik sehingga tahan terhadap korosi. Apalagi air yang tersimpan di dalam tidak akan berbau dan minim jamur karena permukaan stainless yang tak lengket terhadap material lain.

Keunggulan lain adalah tangki penampungan air stainless mampu menyerap panas dengan baik. Ini akan membuat korosi bisa dihindari dan membuat air yang ada di dalamnya tetap stabil suhu dan juga kandungannya. Dengan suhu yang stabil, akan meminimalisir tumbuhnya lumut dan jamur yang membuat air menjadi tidak enak dan bau. Apalagi tangki penampungan air stainless mudah diperbaiki jika terjadi kerusakan dan kebocoran. Dengan las besi maka instalasi kaki-kaki dengan tower juga akan lebih kuat dan mudah. Berbeda dengan penampungan air berbahan plastik yang sulit diperbaiki jika retak atau bocor. Belum lagi instalasi dan lem plastik yang kurang kuat untuk waktu yang lama. Biasanya memang tangki penampungan air stainless ini digunakan untuk usaha dan bisnis, tapi Anda bisa menggunakannya untuk keperluan rumah tangga karena memang keunggulan produknya bisa membuat Anda lebih nyaman dengan dukungan garansi hingga puluhan tahun dibandingkan dengan penampungan air stainless.

Tapi tentu saja Anda juga harus paham beberapa kekurangan yang didapatkan dari penampungan air stainless ini. Pertama adalah bobotnya yang berat sehingga Anda harus menyiapkan area dan penampang khusus yang cukup kuat untuk menempatkan tangki penampungan air stainless ini. Apalagi Anda meyiapkan ukuran yang besar di atas 2.000 liter. Pastinya butuh tempat yang leluasa dan kuat untuk menopangnya. Namun karena biasanya tangki penampungan air stainless ini sudah dibekali dengan kaki, maka akan sangat mudah dalam proses instalasi. Kelemahan lainnya adalah harga yang cukup mahal. Material stainless berkualitas tinggi membuat harga tangki penampungan air model ini cukup mahal. Harga yang dibanderol bisa 4 kali lipat dari harga penampungan air berbahan plastik. Tentu untuk Anda yang menggunakan penampungan air ini untuk kebutuhan keluarga, akan memikirkan lebih jauh tentang biaya yang harus dikeluarkan. Misalnya tangki penampungan air stainless untuk merek Penguin yang populer, memasok harga sekitar Rp 4,5 juga untuk ukuran 500 liter. Itu dia beberapa kriteria dari penampungan air stainless yang perlu diketahui. Informasi ini akan membuat Anda lebih paham tentang keunggulan dan kriteria apa saja yang mesti diperhatikan sebelum memilih tangki penampungan air stainless yang cocok untuk kebutuhan rumah tangga Anda. Berbagai merek dan ukuran dari penampungan air stainless ini bisa dilihat di situs online dan juga bisa datang langsung ke toko bangunan tempat tangki penampungan air stainless ini dijual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *